Enipurwanti’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kopi Lindungi Perempuan dari Kepikunan March 27, 2008

Filed under: Kopi — Ristya @ 5:29 pm

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya mampu mencegah kemunduran mental pada perempuan lanjut usia.

MANFAAT kafein untuk mencegah kemunduran mental pada perempuan disimpulkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan Prancis terhadap 7.000 perempuan berusia di atas 65 tahun.Mereka lalu dibagi dua kelompok, pertama diberi minum kopi tiga cangkir sehari dan kedua hanya meminum segelas kopi atau kurang sehari. Hasilnya, perempuan yang meminum kopi lebih banyak menunjukkan angka lebih rendah dalam penurunan kualitas mental dalam tes memori yang dilakukan selama periode empat tahun. Hasil studi ini,yang dipublikasi dalam jurnal Neurology, menunjukkan bahwa kafein bisa melindungi terjadinya kepikunan atau penurunan kualitas mental (dementia).“Ini menghasilkan kesimpulan bahwa kafein bisa memperlambat terjadinya kepikunan,” kata Karen Ritchie dari Institut National Prancis untuk Penelitian Kesehatan dan Kedokteran.Penelitian ini memperkuat bahwa kafein yang dikenal sebagai zat psikosimultan memberikan manfaat yang lebih besar bagi manusia. Namun, Karen Ritchie mengingatkan agar hasil penelitian ini tak langsung dijadikan kesimpulan akhir.Sebab,masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan peran kafein dalam mencegah kepikunan.Kami masih membutuhkan pemahaman yang lebih baik bagaimana kafein memiliki efek positif pada otak, sebelum mempromosikan kafein sebagai pencegahan terjadinya penurunan kualitas mental,”kata Ritchie.Dari penelitian ini juga diketahui kafein memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan pengobatan untuk penurunan kualitas mental lainnya. Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi kafein bisa membuat kualitas mental menjadi lebih rendah dan perempuan menjadi lebih sensitive. “Kami membutuhkan studi yang lebih panjang untuk memastikan apakah kafein memang bisa mencegah dementia.Hasil ini karena kafein bisa memperlambat proses dementia dibandingkan mencegahnya,” papar Ritchie. Ritchie menjelaskan bahwa itu tidaklah terlalu jelas, mengapa efek yang sama tidak dialami oleh para pria yang mengonsumsi kopi. “Wanita mungkin lebih sensitif pada efek kafein.Tubuh mereka mungkin bereaksi secara berbeda menuju simultan, atau tubuh mereka mungkin metabolismenya berbeda,”ujarnyaRebecca Wood, Pemilik Pusat Penelitian Alzheimer (The Alzheimer’s Research Trust) menyatakan bahwa tanpa pengobatan pada alzeimer yang hingga saat ini belum tersedia. Penelitian untuk mengetahui faktor perlindungan ini bisa jadi sangat penting “Bagaimanapun penelitian lebih jauh dan komprehensif masih dibutuhkan untuk membuat hasil penelitian ini lebih baik. Apakah efek kafein pada pria maupun wanita bisa mengurangi risiko dementia atau memperlambat angka kemajuannya,” ujarnyaSusanne Sorensen, Kepala Penelitian pada Alzeimers Society menyatakan bahwa meminum kopi dan teh keduanya memiliki tipe untuk menghindari dementia. Meski begitu, menurut dia, tipe studi seperti ini memang sangatlah kompleks karena kopi dan teh sangat terkait dengan faktor sosial dan gaya hidupSelain itu,hasil penelitian lainnya memang menunjukkan bahwa kopi bisa membantu rasa sakit akibat berolahraga atau senam. Dengan ukuran yang sewajarnya, kopi bisa mengurangi kesakitan tubuh akibat berolahraga. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah The Journal of Pain yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Georgia menemukan bahwa dosis menengah kafein atau setara dengan dua cangkir kopi dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot sebesar 48%.Namun, para peneliti mengingatkan bahwa penemuan mereka mungkin tidak bisa diberlakukan pada konsumen kafein yang kurang sensitif pada efeknya.

 

Leave a Reply